Gunung Telomoyo, Gunung Mungil dengan Landasan Paralayang yang instagramable

Apakah anda pernah mendengar mengenai Gunung Telomoyo yang terletak di  perbatasan Kabupaten Magelang dan Semarang?. Gunung ini memang tidak sepopuler maupun tidak lebih tinggi dari gunung-gunung lain yang berada di sekitarnya sebut saja Gunung Merapi ataupun Gunung Merbabu. Kendati demikian, daerah atau kawasan  Gunung Telomoyo memiliki view pemandangan yang tidak kalah menarik dibanding gunung di sekitarnya, terlebih gunung ini memiliki landasan pacu untuk kegiatan paralayang yang instagramable bagi kamu yang suka berfoto dengan latar belakang lain dibandingkan dengan yang lainnya.

sumber : instagram


Letak Gunung Telomoyo


Gunung Telomoyo terletak di perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Kawasan Wisata Gunung Telomoyo merupakan tempat yang ideal bagi kamu yang suka akan kegiatan penjelajah alam, terlebih bagi yang suka akan kegiatan mendaki gunung atau kegiatan camping. Gunung Telomoyo memiliki ketinggian 1.894 Mdpl, lebih rendah dibandingkan dengan ketinggian Gunung Merbabu. Hal yang menarik dan membedakan kawasan wisata gunung ini dengan yang lainnya adalah, apabila kawasan gunung lainnya, kita harus berjalan kaki untuk bisa sampai ke puncaknya, berbeda dengan Gunung Telomoyo yang mempunyai jalur berupa jalan beraspal dan bisa kita lewati menggunakan sepeda motor maupun mobil. Waktu yang diperlukan untuk bisa sampai ke puncak Gunung ini berkisar 20-30 menit dihitung dari pintu masuknya apabila kita mengendarai kendaraan bermotor.

Rute menuju Gunung Telomoyo



Berbicara mengenai rute menuju ke Gunung Telomoyo, akan lebih mudah apabila anda membuka google map sebagai panduannya. Apabila anda berasal dari Semarang, anda memerlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan untuk bisa sampai ke Gunung Telomoyo, melalui rute Semarang - Salatiga - Kopeng dilanjutkan menuju ke Dalangan. Apabila anda berasal dari Yogyakarta, anda bisa menempuh jalur Yogyakarta - Salam - Muntilan - Mungkid - Magelang - melalui jalan Magelang, Salatiga - Dalangan - Gunung Telomoyo. Apabila anda berangkat dari Kota Yogyakarta, anda akan menempuh waktu kurang lebih 2-2,5 jam untuk sampai di kawasan Gunung Telomoyo. 


Keistimewaan Gunung Telomoyo

Dalam perjalanan menuju ke Gunung Telomoyo, kita akan disuguhi pemandangan yang masih sangat asri dengan penduduk pedesaan yang sangat ramah terhadap pengunjung. Kota Magelang dan Kota Salatiga akan bisa terlihat dari atas ketinggian dalam perjalanan menuju ke puncaknya. Berlokasi diantara beberapa Gunung yang berada di Kabupaten Magelang, gunung ini merupakan kawasan yang ideal untuk melihat beberapa puncak gunung sebut saja Gunung Merbabu atau Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Sumbing. Bahkan apabila kondisi cuaca cukup cerah, anda bisa melihat puncak Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur serta wisata alam lainnya seperti Rawa Pening yang ada di Kabupaten Semarang meskipun akan terlihat samar. 


Puncak Gunung Telomoyo

Keindahan Gunung Sindoro dan Sumbing dari Telomoyo

Untuk bisa sampai ke Puncak Gunung Telomoyo, rekan-rekan bisa menggunakan kendaraan bermotor. Rata-rata pengunjung di tempat ini menggunakan sepeda motor, meskipun sebenarnya mobil bisa sampai ke puncak gunung ini. Jalur atau jalan untuk bisa sampai ke puncak hanya cukup dilewati oleh sebuah mobil saja. Adanya menara telkom dan landasan paralayang menambah daya tarik tempat ini. Banyak pengunjung yang mengambil gambar di spot ini, sehingga spot ini seakan menjadi icon dari Gunung Telomoyo itu sendiri. Perlu kehati-hatian yang ekstra apabila rekan-rekan ingin mengambil gambar dengan latar belakang landasan pacu di Gunung Telomoyo, pasalnya tidak ada pengaman khusus yang disediakan disini karena pembuatan landasan pacu itu sendiri sebenarnya bukan untuk keperluan spot foto atau keperluan wisata melainkan untuk kegiatan olahraga. Landasan pacu ini sendiri merupakan sarana untuk kegiatan paralayang dan seringkali digunakan untuk lomba atau kejuaraan nasional maupun internasional. Seperti Kejuaraan Internasional Gantole Telomoyo Cup III yang dilakukan pada tahun 2017. Kejuaraan ini diikuti oleh beberapa negara di Asia seperti negara Korea Selatang, Jepang bahkan diikuti juga dari negara Australia.  



Fakta mengenai Gunung Telomoyo

  • Gunung Telomoyo merupakan gunung berbentuk strato dan belum pernah ada catatan mengenai kegiatan vulcanik di gunung ini. Tidak ada catatan yang menyebutkan gunung ini pernah meletus. 
  • Kendati memiliki ketinggian tidak sampai 2.000 mdpl, kawasan puncak Gunung Telomoyo seringkali tertutup dengan kabut. Untuk bisa mendapatkan view menarik atau gambar yang bagus, sebaiknya pengunjung mengunjungi kawasan ini ketika musim kemarau, saat cuaca sedang cerah.



Tips mengunjungi Gunung Telomoyo

  • Untuk bisa mendapatkan view yang indah, anda bisa mengunjungi kawasan Gunung Telomoyo pagi atau sore hari. Sore hari adalah waktu yang tepat karena kita akan bisa mendapatkan sunrise yang menarik.
  • Untuk ke puncak Gunung Telomoyo, anda bisa berjalan kaki atau mengendarai kendaraan bermotor [ sepeda motor / mobil ]. Pastikan kondisi kendaraan bermotor anda dalam kondisi yang prima. Gunakan selalu gigi rendah dan sebaiknya mengunakan kendaraan dengan transmisi manual [ bukan kendaraan matic ]. Di kawasan ini juga masih sangat sepi, oleh karenanya, jangan lupa untuk mengisi bahan bakar kendaraan anda karena jarang sekali dijumpai penjual bensin eceran.
  • Jagalah kelestarian lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, dam jangan merusak alam serta jagalah sopan santun anda. Jadilah penikmat alam yang bijaksana :)
  • Jangan lupa untuk membawa peralatan dokumentasi ketika mengunjungi tempat ini, karena view yang ditawarkan akan sangat sayang anda lewatkan dan tidak anda abadikan melalui gambar
Itulah sedikit informasi tentang wisata alam Gunung Telomoyo yang terletak di perbatasan Magelang- Semarang, gunung mungil dengan panorama yang indah. Walaupun gunung ini tidak sepopuler gunung-gunung launnya terutama di daerah Magelang khususnya, tidak ada salahnya anda mengunjungi tempat ini. Setidaknya bisa mengobati akan suasana, dan dinginnya hawa pegunungan bagi yang suka mendaki gunung dan tidak mau capek-capek untuk berjalan. salam. 

0 Response to "Gunung Telomoyo, Gunung Mungil dengan Landasan Paralayang yang instagramable "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel