20 Daftar harga peralatan mendaki gunung secara lengkap

Daftar peralatan mendaki ~ Sampai dengan saat ini, masih saja ada orang yang menganggap sebelah mata hobi mendaki gunung. Banyak yang beranggapan bahwa hobi ini merupakan hobi yang hanya memerlukan modal sedikit. Hal itu karena selama ini mereka beranggapan bahwa seorang pendaki hanya bermodalkan sepatu dan tas gunung saja. Bererapa orang tidak menyadari bahwasanya mendaki gunung membutuhkan banyak peralatan dan harganya apabila di total bisa dibilang cukup mahal, berkisar jutaan rupiah.

20 Daftar harga peralatan mendaki gunung


Memang bagi yang tidak memiliki cukup uang dan tidak sanggup membeli peralatan gunung yang harganya sangat mahal, jasa penyewaan perlengkapan outdoor bisa menjadi alternatifnya. Saat ini banyak sekali dijumpai jasa penyewaan perlengkapan camping atau perlengkapan mendaki gunung dengan harga yang bervariasi tergantung dengan kondisi dan kualitas barang yang disewakannya. Namun, apabila rekan-rekan ingin serius menekuni hobi mendaki gunung, sebaiknya mulai sedikit demi sedikit membeli perlengkapan mendaki gunung secara mandiri. Selain karena akan sering dipakai, soal kenyamanan menjadi faktor penting. Seseorang pasti akan merasa nyaman apabila menggunakan barang miliknya sendiri dibandingkan dengan barang rental yang notabene telah dipakai oleh banyak orang.

Kembali ke topik yakni mengenai daftar harga peralatan mendaki gunung. Penulis akan mengambil contoh beberapa daftar harga dari brand lokal atau asli buatan Indonesia selebihnya buatan dari luar negeri. Selain karena brand lokal memiliki harga yang lebih terjangkau. Saat ini beberapa brand lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dibandingkan dengan brand dari luar negeri. Dalam hal ini, penulis mengelompokkan menjadi dua yakni barang yang bisa dipakai berkelompok dan barang yang wajib dibawa atau dimiliki oleh tiap-tiap pendaki.

Daftar harga peralatan mendaki gunung

Peralatan Kelompok

1. Tenda atau dome. Tenda atau dome merupakan peralatan wajib untuk mendaki gunung yang berfungsi melindungi diri kita dari sengatan matahari, udara dingin maupun ketika terjadi badai saat di gunung. Ukuran dari dome sendiri saat ini bervariasi, mulai dari kapasitas 2 orang, 4 orang bahkan kapasitas 6-8 orang kini sudah tersedia. Kami menganjurkan, idealnya anda membeli tenda berkapasitas 4 orang saja. Mengapa demikian?? Tenda dengan kapasitas 4 orang dirasa paling ideal. Tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Saat ini ada beberapa merk dome dengan harga yang terjangkau, salah satunya dome dengan merk...yang berasal dari China. Dome dengan merk ini juga banyak digunakan oleh jasa penyewaan alat outdoor karena harganya yang terjangkau dan kualitasnya cukup baik.

Taksiran harga : Rp. 350.000- 1.500.000;

2. Kompor lapangan. Kompor lapangan juga merupakan perlengkapan mendaki yang bisa digunakan untuk berkelompok. Ada banyak pilihan kompor lapangan yang bisa kita gunakan, kompor lapangan dengan bahan bakar padat ( parafin ), berbahan bakar gas ( kompor gas portable ) atau kompor lapangan dengan bahan bakar cair ( kompor trangia ). Untuk harga paling murah, kita bisa memilih kompor lapangan dengan bahan bakar gas ( kompor gas portable ). Kompor gas ini paling murah memiliki harga tidak sampai 200 ribu. Selain itu, untuk mendapatkan bahan bakarnya pun juga mudah karena tersedia di beberapa supermarket.

Taksiran harga : Rp. 150.000- 600.000;

3. Peralatan masak atau cooking set. Saat konsep ultrlight hiking belum banyak digunakan. Banyak pendaki gunung yang menggunakan peralatan masak legendaris yakni nesting TNI yang beratnya hampir beberapa kali cooking set modern. Saat ini sudah banyak tersedia cooking set atau peralatan memasak dengan konsep lebih modern dengan beban yang cukup ringan dan banyak tersedia fasilitas pendukung seperti sudah tersedianya piring serta mangkuk di dalamnya sehingga akan lebih praktis.

Taksiran harga : Rp. 100.000- 400.000;

4. Lampu tenda. Untuk menerangi tenda atau dome di malam hari, kita bisa menggunakan lampu tenda yang telah didesain secara khusus bisa diletakkan atau digantungkan pada bagian atas dome. Lampu tenda sendiri memiliki harga yang bervariasi, mulai dari belasan ribu hingga ratusan ribu tergantung kualitas barangnya. 

Taksiran harga : Rp. 45.000- 350.000;

Perlengkapan secara pribadi.

5. Hammock. Hammock saat ini mulai banyak digunakan sebagai alternatif pengganti dome. Hammock sendiri memiliki kelebihan lebih praktis apabila digunakan serta memiliki harga yang jauh lebih murah. Akan jauh lebih murah lagi apabila kita membuatnya dengan bahan dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

Taksiran harga : Rp. 75.000-450.000 ;


6. Tas Carrier. Tas carrier merupakan peralatan wajib yang harus dimiliki oleh pendaki gunung. Carrier berfungsi membawa logistik dan alat-alat survival kita ketika kita berada di alam bebas. Tidak bisa dibayangkan apabila seorang pendaki tidak membawa carrier saat mendaki dan hanya menggunakan tas biasa. Karena tas biasa didesain untuk tidak digunakan membawa barang-barang dengan jumlah banyak dan tidak memiliki frame atau rangka punggung. Saat ini banyak kita jumpai beberapa merk carrier atau tas gunung lokal dengan kualitas yang tidak bisa dianggap remeh namun dengan harga yang terjangkau.

Taksiran harga : Rp. 380.000-1.800.000 ;


7. Sepatu Gunung. Produsen lokal tidak hanya memproduksi tas gunung saja. Dengan hadirnya beberapa merk sepatu gunung lokal seperti Eiger, Consina , Rei, SNTA patut kita apresiasi. Merk-merk tersebut telah banyak digunakan oleh kalangan pendaki dan beberapa sudah dieksport di negara-negara di kawasan Asia membungktikan bahwa brand lokal memiliki kualitas yang bisa bersaing dengan brand luar. 

Taksiran harga : Rp. 380.000-1.800.000 ;

8. Jaket Gunung. Beberapa pendaki seringkali mendaki gunung menggunakan jaket dengan bahan parasut. Alasannya ringan untuk dibawa, serta  lebih cepat kering apabila terkena air. Jaket gunung memiliki beberapa sistem lapisan atau kita mengenalnya dengan layering system. Harga jaket gunungpun bervariasi, berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Apabila menginginkan jaket gunung brand luar namun tidak memiliki cukup dana, rekan-rekan bisa membeli di forum jual beli alat outddor melalui jejaring sosial.

Taksiran harga : Rp. 200.000-800.000 ;

9. Trekking pole. Banyak pendaki yang belum menyadari akan manfaat alat ini, sehingga alat ini jarang dipakai saat mendaki. Trekking pole mempunyai banyak manfaat, selain meringankan beban tumpuan pada lutut, ada setidaknya 10 manfaat trekking pole bagi kita. Harga dari trekking pole juga tidak terlalu mahal dibandingkan manfaatnya bagi diri kita saat melakukan pendakian.

Taksiran harga : Rp. 120.000-400.000 ;

10. Pakaian gunung. Apabila kita menerapkan konsep ultrlight hiking dengan membeli pakaian-pakaian yang dijual di beberapa toko outdoor, mungkin akan memakan banyak biaya. Kita bisa menggunakan pakaian dengan bahan sintetis seperti nilon, taslan, dan polyester. Salah satu pakaian dengan bahan yang serupa adalah jersey. Harga sebuah jersey kw akan lebih murah dibandingkan dengan sebuah harga baju outdoor. Namun apabila rekan-rekan memiliki biaya yang cukup, rekan-rekan bisa membeli pakaian outdoor yang sudah didesain untuk digunakan di lapangan.

Taksiran harga : Rp. 300.000-800.000 ;

11. Slepping bag. Sebelum rekan-rekan membeli sleeping bag, sebaiknya rekan-rekan membaca tips memilih slepping bag yang telah kami tulis beberapa waktu lalu. Slepping bag penting dibawa saat mendaki gunung, dan berfungsi agar kita terhindar dari bahaya hipotermia. Slepping bag sendiri memiliki bermacam-macam bahan. Slepping bag berbahan wol akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan bahan polyester.

Taksiran harga : Rp. 100.000-750.000 ;

12. Matras. Bila rekan-rekan menggunakan hammock untuk beristirahat, matras tidak wajib dibawa. Namun apabila rekan-rekan menggunakan dome, matras wajib dibawa karena apabila kita mengandalkan alas bawaan dome saja tidak cukup dalam memberikan rasa hangat pada tubuh kita.

Taksiran harga : Rp. 30.000-100.000 ;

13. Ponco atau jas hujan. Agar melindungi diri kita dari terpaan air hujan, terlebih saat kita melakukan pendakian di musim hujan, kita harus siap sedia ponco atau jas hujan. Akan lebih praktis apabila kita membawa ponco atau jas hujan yang tipis. Selain akan mempermudah dalam pergerakan kita. Ponco jenis ini lebih murah dibandingkan dengan jas hujan yang biasa dipakai saat berkendara di musim hujan.

Taksiran harga : Rp. 10.000-200.000 ;

14. Senter kepala. Senter kepala memiliki harga yang bervariasi. Mulai dari yang berharga 50 ribuan sampai dengan ratusan ribu. Senter dengan harga 200an ribu sudah cukup baik untuk digunakan dan memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya ritme nyala lampu yang bisa diatur untuk memberikan sinyal S.O.S dan dapat diatur fokus pencahayaannya.

Taksiran harga : Rp. 50.000-350.000 ;

15. Topi atau penutup kepala. Saat memilih topi yang digunakan untuk mendaki gunung. Pilihlah topi yang bisa melindungi wajahmu dan juga bisa melindungi bagian leher belakang dari sengatan matahari. Topi dengan desain yang sering digunakan oleh TNI lebih direkomendasikan dipakai saat mendaki gunung.

Taksiran harga : Rp. 50.000-380.000 ;

16. Sarung tangan. Selain jaket gunung, matras, topi atau penutup kepala, serta jaket gunung. Ada satu lagi peralatan yang wajib dibawa untuk mencegah terjadinya hipotermia. Sarung tangan. Barang yang satu ini seringkali dilupakan, padahal fungsinya sangatlah penting. Pilihlah sarung tangan yang  bisa menutupi seluruh jari tangan dan  tebal. Harga sarung tangan juga bervariasi, tergantung bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Taksiran harga : Rp. 30.000-150.000 

17. Masker. Peralatan mendaki gunung yang satu ini sangat penting digunakan terutama saat kita melewati treck yang berdebu atau treck berpasir. Pilihlah masker yang multifungsi, seperti buff, karena selain bisa digunakan untuk melindungi wajah kita, buff juga bisa berfungsi melindungi leher kita ketika udara dingin.

Taksiran harga : Rp. 50.000 - 200.000 ;

18. Kompas. Saat mendaki gunung kita wajib membawa dan bisa menggunakan kompas dengan baik dan benar, supaya mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti tersesat saat di gunung. 

Peralatan komunikasi ( Handy Talkie ). Untuk bisa berkomunikasi dengan pendaki lain atau pihak basecamp pos pendakian, kita sebaiknya membawa peralatan komunikasi seperti Handy Talkie. Dahulu peralatan seperti handy talkie sangatlah mahal. Namun saat ini terdapat banyak brand yang berasal dari negeri China yang memiliki harga terjangkau.

19. Gaiter. Bagi yang belum mengetahui gaiter, gaiter adalah penghalang pasir agar pasir tidak masuk ke dalam sepatu gunung yang kita kenakan. Gaiter sangat penting digunakan terlebih saat kita melintasi treck yang berpasir. Karena apabila tidak menggunakan gaiter, pasir akan mudah masuk sepatu, dan kita akan disibukkan membersihkan pasir atau kerikil yang masuk ke sepatu kita.

20. Peralatan makan. Perlengkapan mendaki gunung yang terakhir adalah perlengkapan makan, terdiri dari garpu, sendok dan pisau makan serta penutup makanan. Anda bisa memilih bahan stainless maupun plastik. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika berbahan logam kelebihannya kuat namun berat, namun apabila anda memilih plastik, kekurangannya adalah rapuh namun mudah rusak.

Itulah 20 Daftar harga peralatan mendaki gunung yang berhasil ruangpendaki rangkum. Memang untuk bisa melengkapi peralatan gunung secara lengkap kita memerlukan dana yang tidak sedikit. Namun rekan-rekan bisa membelinya sedikit demi sedikit sesuai dengan kemampuan diri sendiri atau membeli barang secara second atau bekas. Namun apabila cara tersebut dirasa masih keberatan, rekan-rekan bisa kembali ke alternatif yang pertama, yakni menggunakan jasa penyewaan alat outdoor misalkan sewaktu-waktu ingin mendaki gunung. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "20 Daftar harga peralatan mendaki gunung secara lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel