Warung tertinggi di Indonesia ternyata ada di Gunung Lawu

Warung makan Mbok Yem Gunung Lawu. Gunung Lawu yang terletak di Jawa Timur, selain menyimpan keindahan alam serta beberapa peninggalan kerajaan Majapahit, ternyata juga memiliki keunikan lain yang membedakan gunung ini dengan yang lainnya. Tidak lain karena gunung ini terdapat sebuah warung yang berada di jalur pendakiannya. Uniknya warung yang berada di Gunung Lawu digadang-gadang merupakan warung tertinggi di Indonesia. Hal itu dikarenakan warung ini terletak pada ketinggian 3.150 Mdpl tepatnya di sebelah Sumur Jolotundo, salah satu peninggalan kerajaan Majapahit yang sampai saat ini masih ada dan merupakan tempat yang dikeramatkan. 

Memang di beberapa jalur pendakian seperti Gunung Prau yang berada di Dieng Jawa Tengah, juga terdapat warung yang menyediakan jajanan atau logistik yang bisa membantu pendaki untuk kembali mengisi perbekalan mereka. Namun warung-warung tersebut sifatnya sementara, berbeda dengan warung yang berada di Gunung Lawu ini  

Warung makan mbok yem Gunung Lawu
Warung makan mbok yem Gunung Lawu


Pemilik warung tersebut adalah Mbok Yem. Mbok Yem sudah dua puluh tahun lebih mendiami warung tersebut. Menu makanan yang ada di warung ini berupa gorengan, aneka minuman, serta memiliki menu andalan yakni nasi pecel. Nasi pecel merupakan menu jajanan yang sering dijual oleh beberapa penjual makanan  di jalur pendakian gunung Lawu. Pada musim pendakian, kita dapat menemukan beberapa yang menjual makanan dengan cara di gendong terutama saat perjalanan dari pos 1 ke pos 2. Rata-rata usia mereka sudah paruh baya.

Kembali ke warung makan Mbok Yem. Di warung makan ini, Mbok Yem menyediakan tempat yang cukup luas di bagian samping warungnya untuk menampung para pendaki yang hendak beristirahat. Meskipun sederhana, banyak juga pendaki yang memanfaatkannya untuk bermalam sambil mengistirahatkan badan guna melanjutkan perjalannya menuju ke arah puncak. Mbok Yem tidak pernah memungut biaya bagi siapa saja yang menggunakan tempat ini. Cukup membayar makanan atau minuman yang dipesan, maka pendaki bebas menggunakannya.

Sosok Mbok Yem Gunung Lawu
Sosok Mbok Yem Gunung Lawu
Lantas darimana Mbok Yem mendapatkan semua bahan makanan atau logistic yang dia jajakan ?!. Usut punya usut Mbok Yem mempunyai orang kepercayaan untuk mengantar logistik apabila persediaan di atas mulai menipis. Tinggal menghubungi orang tersebut maka dia akan mengantar bahan makanan sampai ke puncak. Dahulu Mbok Yem sering turun gunung untuk mengambil bahan makanan. Namun karena kondisinya saat ini yang sudah tua, maka dia menyerahkan urusan logistik kepada orang kepercayaannya tersebut. Selain itu, di warung ini juga terdapat fasilitas listrik yang berasal dari genset. Listrik yang ada digunakan untuk memutar radio serta menghidupkan lampu untuk penerangan. Unik bukan??!

Bagaimana? Tertarik mengunjungi warung makan Mbok Yem Gunung Lawu ??!! Warung makan tertingi di Indonesia.


0 Response to "Warung tertinggi di Indonesia ternyata ada di Gunung Lawu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel