8 Tips urutan packing tas gunung ( carrier ) yang tepat dan efisien

Bagaimana sih cara packing tas carrier yang baik dan benar? Barang dengan beban berat di ditaruh di bagian atas atau justru barang dengan beban lebih ringan yang ditaruh dibagian atas carrier??. Pertanyaan ini sering muncul terutama pada pendaki pemula yang belum berpengalaman mendaki gunung.

Bagian-bagian carrier dan penempatan barang seuai dengan 


Seringkali beberapa pendaki pemula mengabaikan cara packing barang bawaan mereka. Mereka asal memasukkan barang yang mereka bawa ke dalam tas carrier atau tas gunung mereka. Apa akibatnya ?? akibatnya beberapa hal terjadi terhadap barang yang mereka masukkan ke dalam carrier seperti : Bekal makanan yang hancur, peralatan survival yang rusak bahkan kejadian yang paling fatal yang pernah penulis jumpai adalah tabung kompor portable yang bocor karena bagian ujungnya rusak akibat tertimpa barang di atasnya. Dari kejadian tersebut, masih banyak pendaki yang belum mengetahui cara packing tas carrier atau tas gunung secara benar. Mengapa kita harus mengatur sedemikian rupa barang bawaan kita ke dalam tas carrer ? Lantas saja apa keuntungan apabila kita memperhatikan dan menerapkan sistem packing secara benar. Berikut ruang pendaki ulas dalam beberapa point :

Keuntungan bila kita melakukan packing dengan benar :

  1. Barang bawaan kita tidak mudah rusak. Keuntungan pertama yang kita dapatkan ketika kita melakukan packing dengan benar adalah barang bawaan kita tidak mudah rusak. Seperti yang telah penulis jelaskan sebelumnya. Beberapa barang bawaan seperti bahan makanan atau barang-barang yang mudah terbakar seperti spiritus ataupun gas untuk kompor portable akan rentan sekali rusak apabila asal dimasukkan ke dalam carrier. Oleh karenanya perlu tips khusus agar barang-barang yang mudah rusak dapat aman dari kerusakan akibat berbenturan dengan barang yang lain.
  2. Mudah mengambil jika diperlukan. Keuntungan kedua apabila kita melakukan packing dengan benar yakni, apabila kita memerlukan barang bawaan dengan segera, kita bisa saja dengan cepat mendapakannya tanpa harus bersusah payah mencarinya dalam carrier. Memang hal ini dipengaruhi oleh desain carrier itu sendiri. Carrier yang bagus, setidaknya terdiri dari beberapa kompartemen utama, yang bisa memilah barang bawaan kita ke dalam beberapa kategori, termasuk barang-barang untuk keperluan survival, pakaian dan logistik. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca : 8 Tips sederhana memilih carrier untuk mendaki gunung 
  3. Memudahkan pergerakan kita. Tidak bisa dipungkiri, membawa barang dengan beban puluhan kilogram dengan track vertikal tentu akan menyulitkan pergerakan kita. Seringkali beban carrier menyebabkan beberapa bagian tubuh, terutama bagian yang menjadi tumpuan yakni pundak dan pinggang akan terasa sakit karena penekanan yang lama dan bertambah nyeri saat berjalan. 




Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan packing : 


  1. Buatlah daftar barang yang akan kamu bawa. Sebelumnya kamu akan melakukan packing sebaiknya kamu membuat daftar atau ceklist barang yang akan kamu bawa saat mendaki gunung. Membuat daftar barang yang akan dibawa sangatlah penting mengingat barang yang akan kita bawa tidak hanya sedikit dan akan beresiko lupa apabila kita tidak teliti.
  2. Pilah barang yang akan kamu bawa. Pernah tidak mengalami, kamu ingin mengambil suatu barang di dalam carrier namun kamu harus mencarinya bercampur dengan barang lainnya ?? Misalnya kamu ingin mengambil sebuah senter namun senter tersebut bercampur dengan tumpukan makanan di dalam sebuah carrier ? Tentu hal ini akan merepotkanmu, selain merepotkan juga akan membuah banyak waktumu. Oleh karenanya pengelompokan barang itu sangatlah penting. Kamu bisa mengelompokkan barang menjadi beberapa bagian seperti makanan kita jadikan satu, peralatan mandi ataupun obat-obatan P3K saat mendaki gunung juga kita pisahkan. Selain dapat mengurangi resiko rusak, pengelompokan barang bertujuan agar memudahkan kita apabila sewaktu-waktu kita membutuhkan barang tersebut.
  3. Masukkan barangmu ke dalam kantung plastik atau trashbag. Hal penting yang sering dilupakan oleh pendaki ketika melakukan packing adalah memasukkan barang yang mereka bawa ke dalam trashbag atau kantung plastik. Memasukkan barang ke dalam kantung plastik bertujuan agar barang terlindungi dan tidak basah apabila carrier basah karena air hujan maupun terkena embun meskipun sebenarnya beberapa carrier sudah memiliki lapisan yang tahan terhadap air. Tidak ada salahnya rekan rekan membawa trashbag dalam jumlah yang cukup mengingat barang yang satu ini memiliki banyak fungsi.

Lantas bagaimana urutan packing carrier secara benar ?? Berikut Tipsnya :

  1. Letakkan slepping bag atau pakaian di posisi paling bawah. Slepping bag dan pakaian berada di posisi paling bawah bukan tanpa alasan. Bagian carrier paling bawah bertumpu langsung ke pinggang kita, oleh karenanya apabila kita isi dengan benda-benda keras tentunya akan membuat pinggang kita lama-kelamaan akan sakit. Selain itu pengguanaan alat ini adalah yang terakhir ketika selesai mendirikan tenda, barulah kita mengeluarkan sleeping bag dan berganti pakaian untuk bisa segera beristirahat.
  2. Letakkan bahan bakar di luar carrier. Rata-rata carrier didesain dengan memiliki dua kantong yang berada di samping kanan dan samping kiri. Kantong ini bisa kita manfaatkan untuk membawa bahan bakar guna keperluan memasak kita seperti gas dan spiritus sedangkan kantong satunya untuk diisi dengan minuman. Penempatan bahan bakar kita pilih di luar bukan tanpa alasan. Bahan bakar gas sangat beresiko apabila terjadi kebocoran, pun juga bahan bakar cair seperti spiritus akan berbahaya apabila pecah dan tumpah serta membasahi barang-barang yang kita letakka di dalam carrier. Otomatis kita harus meletakkannya di tempat yang tepisah dan mudah dideteksi apabila mengalami kebocoran, salah satunya di luar carrier itu sendiri. 
  3. Perhatikan penempatan matras. Bagi rekan-rekan yang sudah menerapkan konsep ultralight hiking, mungkin matras sudah tidak digunakan lagi melainkan menggunakan alumunium foil. Namun sampai saat ini masih banyak juga yang menggunakan matras sebagai alas tidur, selain lebih murah, matras juga mungkin lebih nyaman digunakan karena alas tidur menjadi tidak keras. Matras dapat digunakan untuk "membody" atau membentuk carrier dengan cara melingkarkan matras pada bagian dalam dan memasukkan barang-barang di dalamnya. Memang cara ini lazim digunakan, namun dengan cara ini otomatis tempat penyimpanan carrier akan semakin sempit dan kita akan semakin direpotkan ketika akan mengambil barang di bagian tengah karena harus membongkar barang di atasnya. Saya lebih menyukai matras di tempatkan di sisi samping carrier.
  4. Letakkan logistik dan perlengkapan masak di bagian tengah. Perlengkapan memasak atau logistik dengan beban medium tidak ada salahnya kita tempatkan di tengah. Khusus untk logistik, sebaiknya kita tempatkan di sisi terluar bagian carrier kita yang tidak bersentuhan langsung dengan punggung.  
  5. Suplai air berada di bagian atas sendiri. Penempatan suplai air di bagian atas bertujuan agar kita lebih mudah mengambil air selama melakukan perjalanan. Selain itu rata-rata air adalah beban utama barang yang kita bawa. Dengan menempatkan air di bagian atas, beban dapat dididtribusikan ke seluruh bagian carrier. Hal ini tentu berbeda apabila air ditempatkan di bagian bawah carrier, dimana beban hanya akan berkumpul pada salah satu titik. Jangan lupa pula untuk menempatkan air di bagian kantong sisi kanan atau kiri carrier, agar bila diperlukan kamu bisa langsung mengambilnya tanpa harus membuka tas gunungmu.
  6. Senter jas hujan, letakkan di penutup carrier. Dengan menempatkan jas hujan di penutup carrier, bila cuaca tdak mendukung seperti tiba-tiba datang hujan atau badai, kita bisa langsung mengambilnya. Senter dan alat penerangan lainnya bisa kita tempatkan di sela-sela carrer sisi kanan-kiri, atau bahkan kita tempatkan di penutupnya. 
  7. Jangan lupa untuk membawa tas kecil. Tas kecil selain bisa untuk membawa barang-barang yang diperlukan untuk keperluan summit attack juga berguna untuk menyeimbangkan badan kita terutama ketika melintasi track landai atau horisontal.

  8. manfaat dari tas kecil yakni untuk menyeimbangkan beban yang dibawa
  9. Jangan lupa seimbangkan carrier. Tips terakhir jangan lupa untuk mengetes keseimbangan carrier anda. Pastikan beban didistribusikan dengan merata dan tidak berat sebelah. Cek lagi apakah tali-tali strap pada carrier dapat berfungsi sebagaimana mestinya ketika akan digunakan.
Itulah tadi beberapa tips urutan packing tas gunung yang tepat dan efisien. Dengan mengetahui cara packing tas gunung ( carrier ) yang tepat diharapkan pendaki dapat nyaman serta aman membawa tas carrier serta dapat memaksimalkan fungsi tas carrier itu sendiri. 

* Catatan : Kenyamanan setiap orang mungkin berbeda-beda, tidak ada rumus pasti dalam packing carrier, namun sebagian besar pendaki memiliki tata urutan packing yang hampir sama. Banyak faktor yang mempengaruhi nyaman tidaknya sebuah carrier, salah satunya adalah kualitas carrier itu sendiri. Oleh karenanya, bila anda memiliki biaya yang cukup pilihlah carrier yang benar-benar berkualitas. 

Semoga artikel ini bermanfaat........salam.

Baca Juga :  1. Tips memilih slepping bag
                    2. Tips memilih kompor lapangan
                    3. Tips memiih tenda untuk mendaki gunung 

0 Response to "8 Tips urutan packing tas gunung ( carrier ) yang tepat dan efisien"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel