7 gunung di Jawa Tengah untuk pendaki pemula

Kegiatan mendaki gunung saat ini memang menjadi sangat popular terutama dikalangan muda. Kegiatan yang dahulu yang hanya dilakukan oleh sebagian orang atau kelompok pecinta alam kini sudah banyak dilakukan oleh para penikmat alam yang melakukan pendakian secara personal. Memang kegiatan mendaki gunung adalah kegiatan yang cukup berbahaya, oleh karenanya kegiatan ini harus dilakukan dengan persiapan yang khusus. Tidak hanya perbekalan saja namun setidaknya para pendaki harus mengetahui tentang keterampilan dasar baik itu tentang survival life maupun kemampuan tentang navigasi.

gunung di Jawa Tengah untuk pendaki pemula

Bagi kamu yang ingin mendaki gunung, dan baru pertama kali dalam melakukan pendakian, sebaiknya mengajak rekan yang sudah berpengalaman dalam kegiatan ini. Selain itu mendakilah gunung dengan medan yang cukup ringan bagi pendaki pemula. Medan yang ringan serta akomodasi yang mudah tentu akan memudahkanmu untuk menikmati indahnya panorama pegunungan serta bersihnya udara di bumi pertiwi Indonesia ini. Berikut ini beberapa gunung di Jawa tengah yang ramah bagi kamu pendaki pemula.

Gunung Api Purba

Mendengar kata purba di belakangnya seolah menggambarkan gunung ini merupakan gunung yang sudah lama ada, sejak masa prasejarah. Gunung api purba atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan gunung Nglanggeran memang tidak masuk dalam propinsi Jawa Tengah. Gunung ini terletak di propinsi Yogyakarta tepatnya di desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Karena letaknya tidak jauh dari perbatasan antara Propinsi Yogyakarta dengan Jawa Tengah saya masukkan ke dalam list gunung yang direkomendasikan untuk pendaki pemula. Gunung yang memiliki ketinggian 700 mdpl ini memiliki 2 puncak yang menarik. Puncak tersebut berada di sebelah barat dan puncak di sebelah timur. Puncak di sebelah barat sangat ideal bagi kita untuk berburu sunsite, sedangkan puncak di sebelah timur merupakan tempat yang ideal bagi kita untukdapat melihat sunrise. Untuk menuju puncak tersebut kita memerlukan waktu 1-2 jam tergantung dari kecepatan kita dalam melangkah ditambah dengan lamanya kita beristirahat. Dalam perjalanan menuju ke puncak gunung kita akan disuguhi oleh pemandangan khas dari pegunungan selatan. Dengan melewati beberapa lorong bebatuan mengingatkan kita pada film 127 hours yang diperankan oleh James Franco.

gunung di Jawa Tengah untuk pendaki pemula

Bagi kamu yang takut kelelahan, jangan kawatir, di beberapa tempat di jalur untuk mendaki gunung api purba sudah disediakan gazebo bagi kamu untuk beristirahat. Untuk medan-medan berbatu yang cukup sulit dilewati, pihak pengelola sudah menyediakan beberapa tali yang berguna bagi kamu untuk berpegangan sehingga kamu tidak mudah jatuh. Untuk mendirikan tenda, tempat yang paling direkomendasikan adalah di puncak bagian barat, tepatnya di tanjakan terakhir sebelum puncak. Tempat yang terhalang dari angin serta tidak jauh dari puncak tentu akan memudahkanmu menikmati panorama di gunung ini

Gunung andong

Disaat gunung-gunung seperti gunung Merbabu, gunung Merapi dan beberapa gunung di Nusantara ramai-ramai di kunjungi, nama gunung andong mencuat kepermukaan. Gunung yang memiliki ketinggian 1726 mdpl ini memang memiliki pesona yang indah. Dengan medan yang tidak terlalu sulit serta akomodasi yang cukup mudah gunung ini tentu ramah terutama untuk pendaki pemula. Gunung andong memiliki keistimewaan yang jarang dimiliki oleh gunung-gunung lain. Keistimewaan tersebut berada jalur menuju ke puncak alap-alap yang menyerupai punuk sapi. Gunung andong berada di kota Magelang tepatnya di desa Girirejo, kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
gunung di Jawa Tengah untuk pendaki pemula

Mengapa harus mendaki Andong ?
Selain memiliki medan yang cukup mudah, ada beberapa hal yang menjadikan gunung andong wajib dikunjungi, tidak hanya pendaki pemula saja namun juga para penikmat alam khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Spot yang menarik
gunung di Jawa Tengah untuk pendaki pemula


Gunung andong memanglah tidak terlalu tinggi, lebih rendah jika dibandingkan dengan gunung-gunung di sekitarnya, yakni Merbabu dengan ketinggian 3142 mdpl dan gunung Merapi yang mempunyai ketinggian 2930 mdpl. Namun dengan ketinggian yang dimiliki gunung ini cukuplah memanjakan mata para pengunjung dengan pemandangan di sekeliling gunung tersebut. Dengan jelas kita dapat melihat gunung Merapi dan gunung Merbabu. Selain itu di bagian arah timur kita dapat melihat gunung Lawu yang gagah berdiri. Di bagian barat nampak dari kejauhan gunung Sindoro dan Sumbing menyapa kita dari seolah menunggu kedatangan kita untuk menyinggahi puncak tertingginya. Bila kita beruntung kita dapat melihat dataran tinggi Dieng dan gunung Slamet di arah utara meskipun sangat kecil.

Gunung Andong terdapat mata air


Gunung andong selain memiliki track cukup mudah juga terdapat mata air yang bisa kita temukan pada jalur pendakian tepatnya dari pos 2 menuju ke pos 3. Mata air tersebut bisa kita pergunakan untuk keperluan memasak dan minum para pengunjung. 

Anda bisa melakukan solo hiking
Karena untuk menuju ke puncak gunung ini hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam, sehingga anda bisa melakukan solo hiking. Solo hiking bisa dilakukan pada hari libur dimana gunung ini ramai dikunjungi. Namun bila anda ingin bermalam di gunung andong sebaiknya menghindari mendaki pada hari libur atau di akhir pekan, karena seringkali banyak pendaki yang mendirikan tenda di camping ground menyebabkan beberapa pendaki harus mendirikan tenda pada jalur pandakian yang sering dilewati pendaki lainnya.

Hutan pinus mangli menawarkan keindahan tersendiri


hutan pinus mangli


Bila di Yogyakarta terkenal dengan hutan pinus yang berada di Mangunan, maka di Magelang terdapat kawasan hutan pinus yang tidak kalah asrinya. Bila anda selesai mendaki gunung Andong, tidak ada salahnya anda mengunjungi hutan pinus ini. Memang kawasan hutan ini belumlah terexpose, namun justru itulah yang membuat suasana hutan ini cukup hening bagi anda untuk sekedar ngadem sambil menikmati indahnya kawasan kawasan hutan diantara pohon pinus.


Gunung Ungaran 

Gunung ungaran terletak di barat daya kota Semarang, dan merupakan gunung yang direkomendasikan untuk pendaki pemula. Gunung yang memiliki tinggi 2050 mdpl ini memiliki 3 jalur pendakian. Diantaranya : jalur pendakian melalui candi gedong songo, jalur pendakian melalui Jimbaran dan yang terakhir adalah jalur melalui  jalur medini. Untuk menuju ke puncak gunung ini memerlukan waktu kurang lebih 5 jam bila anda melakukan perjalanan melalui jalur pendakian candi gedong songo.

sumber : kabarpendaki.blogspot.id

Untuk menuju ke puncak gunung ungaran anda akan disuguhi dengan panorama yang menarik, diantaranya perkebunan teh milik penduduk yang dapat dijadikan spot menarik untuk mengambil foto. Panorama yang menarik, track yang cukup mudah serta adanya beberapa tempat wisata yang menarik diantaranya candi gedong songo, sangat cocok bagi kamu pendaki pemula yang ingin merasakan pengalaman mendaki gunung ditambah dengan wisata budaya.

Gunung merbabu via selo

Gunung merbabu, gunung yang satu ini sangat familiar di kalangan pendaki gunung, tidak hanya di area Jawa tengah saja namun juga di beberapa tempat di Indonesia. Gunung ini memiliki setidaknya 4 jalur pendakian yang bisa anda lalui untuk dapat mencapai puncaknya. Dan salah satu jalur pendakian yang paling banyak dilalui adalah jalur pendakian melalui Selo Boyolali. Jalur pendakian ini dirasa paling mudah terutama bagi pendaki pemula dibandingkan dengan jalur lainnya seperti jalur melalui wekas dan suwanting. Track yang paling berat adalah track dari pos 3 menuju ke sabana 1.

sumber : yuaslovic.com

Gunung dengan ketinggian 3145 mdpl ini memiliki banyak spot menarik, salah satunya adalah di sabana 1. Di sabana 1 kamu dapat mengambil gambar dengan latar belakang gunung Merapi yang gagah berdiri di belakang kita. Jika kita berada di puncak gunung ini nampak puncak gunung Merapi sangat dekat dari kita dan seakan-akan kita berdiri lebih tinggi dibandingkan dengan gunung Merapi. Hal tersebut dimungkinkan karena gunung Merapi memiliki ketinggian yang lebih rendah dibandingkan dengan gunung Merbabu. Bila anda beruntung anda dapat menikmati keindahan bunga edelweis yang bermekaran yang masih cukup banyak tumbuh di sabana 2. Di puncak gunung Merbabu kita dapat melihat beberapa puncak gunung lainnya yakni gunung Merapi, gunung Lawu, gunung Sindoro serta gunung Sumbing. 


Gunung Prau

Gunung Prau terletak di perbatasan antara kabupaten Wonosobo dan kabupaten Batang propinsi Jawa tengah. Gunung Prau terkenal dengan pemandangan sunrisenya yang indah dan menurut sebuah sumber merupakan tempat untuk melihat sunrise terbaik di kawasan Asia Tenggara. Benar atau tidaknya, menurut saya hal itu relatif bagi setiap orang. Gunung Prau memiliki ketinggian 2565 mdpl dan memiliki setidaknya 3 jalur pendakian yang bisa anda lalui. Salah satu jalur pendakian yang banyak dilalui oleh para pendaki adalah jalur pendakian gunung prau via Patak Banteng.





Seperti yang telah disebutkan, pemandangan sunrise di gunung prau sangat indah. Di puncak gunung Prau kita dapat melihat gunung Sindoro dan gunung Sumbing berdiri berjajar. Di akhir pekan gunung ini akan sangat ramai disinggahi oleh para pendaki, bukan hanya dari Jawa Tengah saja melainkan pendaki yang datang dari beberapa propinsi lain di Indonesia. Oya di puncak gunung Prau jangan kawatir anda tidak bisa berkomunikasi melalui handphone. Pasalnya pada sisi sebelah barat anda bisa mendapatkan sinyal dari beberapa provider penyedia layanan selular. Selain track yang mudah, ada beberapa alasan lainnya mengapa anda harus mendaki gunung Prau, diantaranya :

Adanya bukit teletubies
Bukit di bagian timur dari puncak ini mengingatkan kita pada latar penambilan gambar serial anak-anak teletubies yang sempat diputar oleh salah satu stasiun televise pada tahun 2000nan lalu. Memang jika dilihat bukit ini mirip dengan bukit teletubies, sehingga orang menyebutnya sebagai bukit teletubies. Di kawasan puncak gunung Prau terdapat beberapa bukit yang bisa anda jadikan spot menarik untuk mengambil foto.

pesona bunga daisi





Apakah anda pernah mendengar bunga daisi ? bunga dengan ukuran kecil dan mempunyai beberapa warna ini akan mudah kita jumpai di Puncak gunung Prau pada sisi sebelah utara dari tempat para pendaki biasa mendirikan tenda mereka. Namun jangan sekali-kali merusaknya ya, cukup dilihat dan diambil gambarnya saja, jadilah pendaki yang bijaksana dengan tidak merusak alam sekitar kita.

Baca juga pengalaman seru mendaki gunung Prau : Pendakian gunung prau via patak banteng

Gunung Lawu 

Gunung yang terletak di perbatasan antara propinsi jawa Tengah dan Jawa Timur ini cukup ramah untuk pendaki pemula. Dengan track yang cukup jelas akan memudahkan kita, sehingga dapat mengurangi resiko keluar dari jalur pendakian. Nah bagi kamu yang ingin mendaki melalui Cemoro Sewu, kamu juga dapat beristirahat di warung tertinggi di Indonesia yang terletak tidak jauh dari sendang Drajad salah satu sumber mata air di Gunung Lawu. Warung tersebut adalah warung mbok yem. Warung ini bukan hanya menyediakan makanan dan minuman untuk para pendaki, melainkan juga menyediakan tempat yang cukup luas untuk para pendaki bisa beristirahat.


Bila anda melakukan pendakian Lawu melalui Cemoro Sewu anda memerlukan waktu berkisar antara 7-9 jam pendakian tergantung dari kecepatan anda melangkah. Waktu yang dirasa cukup lama untuk pendaki yang baru saja  menekuni hobinya tersebut. Oleh karenanya perlu anda melakukan latihan fisik dahulu sebelum melakukan pendakian sehingga anda bisa menyesuaikan diri dengan medan yang dihadapi.  

Gunung Telomoyo

Gunung terakhir yang bisa dikunjungi oleh pendaki pemula adalah gunung Telomoyo. Gunung Telomoyo, mungkin nama ini cukup asing bagi anda. Gunung Telomoyo atau lebih tepat dikatakan bukit Telomoyo akhir-akhir ini baru ramai dikunjungi berkat adanya media social terutama instagram. Gunung ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Di puncak gunung yeng memiliki ketinggian 1894 mdpl ini kita akan dapat melihat beberapa puncak gunung di sekitar kabupaten Magelang. Diantaranya : gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Andong, gunung Sindoro, Sumbing dan gunung Ungaran. 

sumber gambar : katakatiku.wordpress.com

Untuk menuju ke bagian puncak gunung ini, anda bisa berjalan kaki atau naik kendaran bermotor, memang jalan menuju ke puncak gunung ini cukup sulit. Dengan melewati track berbatu dan disertai dengan panorama pegunungan yang asri tentu akan membuat perjalanan anda tidak membosankan. Rasa lelah akan dapat terobati ketika sampai puncak gunung. Punggungan pegunungan dengan vegetasi yang hijau menunjukkan betapa kayanya bumi pertiwi kita Indonesia.

Itulah 7 gunung untuk pendaki pemula di Jawa Tengah, tetap jaga kelestarian alam ini, untuk generasi yang akan datang...

salam 

0 Response to "7 gunung di Jawa Tengah untuk pendaki pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel